Kamis, 17 September 2009

Assalamualaikum Wr. Wb.

Sudah cukup lama, tidak posting apa-apa di BLOG (sejujurnya, saat ini benar-benar lagi PLONG! Maksudnya, ngga ada inspirasi nieh mau nulis apa-an, bingung!)

Kali ini mau posting sesuatu yang ringan saja lah, sehingga yang baca mudah memahaminya

Beberapa hari yang lalu, aku teringat 6 pertanyaan yang pernah di tanyakan seseorang kepadaku, sebenarnya sieh sumbernya dari seorang temannya juga (katanya dari sebuah diskusi kecil tengah malam, ujarnya kepadaku saat itu ; setengah berbisik..) dan usut kena usut sumber utamanya dari IMAM Al-GHAZALI…,

Pertanyaan tampaknya mudah tapi ternyata jawabannya tidak semudah pertanyaan-pertanyaan itu :

1.apa yang paling jauh dari kita?

2.apa yang paling dekat dengan kita?

3.apa yang besar?

4.apa yang paling ringan?

5.apa yang paling berat?

6.apa yang paling tajam?

Semula aku hanya menjawab semua pertanyaan itu hanya dengan satu jawaban : yaitu MASA LALU (karena menurutku masa lalu sudah mencakup semuanya!! hehe… terkesan trauma yach dengan masa lalu ???)

Tapi is wrong !!!! Nol besar!

“Jawabannya ngga satu mba… tapi enam dunk! Sesuai dengan jumlah pertanyaan yang dikeluarkan..” ujarnya sembari tersenyum, menertawakan kemantapanku ketika menjawab pertanyaannya dengan satu jawaban "Hehehe, jadi malu…"

Tik.... tik…tik…, detik jam berlalu tiga detik!! GONG!! Aku menyerah ujarku (sebenarnya malas berpikir, pengen tahu jawabannya segera, pasti keren nieh…)

Jawabannya: masa lalu, kematian, nafsu, meninggalkan sholat, amanah, lidah…

Subhanallah…. Semuanya benar banget!! (setelah dipikirkan..)

APA YANG PALING JAUH…. Kalau bukan masa lalu… benar sekali, masa lalu kita sekarang sudah jauh ada dibelakang… toh kita ngga akan mungkin berbalik dan kembali kemasa lalu…karena kita bukan yang MAHA KUASA.. kita ngga akan mungkin bisa! Masa lalu tetaplah menjadi masa lalu yang selalu kita tinggalkan… sekarang kita menatap kedepan….

APA YANG PALING DEKAT… kalau bukan kematian, (jadi merinding mendengarnya…). Kematian adalah salah satu takdir ilahiah yang ngga mungkin kita tolak kedatangannya hanya dengan menutup pintu!! Kematian itu sangat dekat dengan kita sehingga kemanapun kita pergi dia selalu menyertai kita, kita tinggal menunggu waktu….

APA YANG PALING BESAR… nafsu!! Inilah hal yang paling dominan dalam diri manusia (hehehe, mengutip teorinya Freud… sama agresi)

APA YANG PALING BERAT... meninggalkan sholat,,,, (amieenn...)

APA YANG PALING TAJAM, lidah... bagian dari mulut tepatnya."Mulut mu harimau mu"


Tidak ada komentar:

Posting Komentar